Sambut Usia 1 Abad, Hizbul Wathan Gelar Tanwir ke-1 di LPMP


Menyongsong usia satu abad, gerakan kepanduan Hizbul Wathan (HW) menggelar Tanwir ke-1 di LPMP Kalasan, Sleman 28-30 Juni ini. Foto: KMP2

Kabarmerahputih.net – Menyongsong usaia satu abad, Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) menggelar Tanwir ke-1 di Yogyakarta. Kegiatan akan mengusung tema “Peningkatan Karakter dan Daya Saing Kepanduan Hizbul Wathan di Era Digital” dilaksanakan di LPMP Tirtomartani, Kalasan, Sleman pada 28-30 Juni ini.

Hadjam Murusdi, organizing committee Tanwir mengungkapkan, tema peningkatan karakter dan daya saing di era digital sengaja diangkat bukan tanpa alasan. Mengingat perkembangan teknologi digital yang begitu cepat tidak mungkin dihindari. Namun demikian, penguatan karakter diharapkan dapat menangkal dampak buruknya.

“Pak Dirman (Jenderal Sudirman-red) dulu bisa mengubah tongkatnya menjadi ‘bedil’, harapannya kader-kader HW bisa mengubah tongkat pandu menjadi palu sebagai simbol hakim, atau lumbung padi sebagai simbol pengusaha dan masih banyak lagi,” ucapnya, Rabu (27/6/2018).

Menurut Hadjam, usia gerakan kepanduan HW sudah tidak muda lagi. Namun, gerakan kepanduan ini sempat tertidur setelah Presiden Soekarno membekukan seluruh organisasi kepanduan dan hanya menentukan satu gerakan kepanduan yakni gerakan Pramuka.

Diresmikannya gerakan pramuka sebagai gerakan kepanduan nasional pada tahun 1961 tidak mematikan gerakan kepanduan HW. Gerakan ini melebur pada organisasi Muhammadiyah, sebelum kembali dibangkitkan pada 1999. Namun sayang, masih saja ada yang meragukan kualitas gerakan kepanduan HW.

Padahal, gerakan kepanduan yang memasuki usia satu abad ini telah tokoh yang cukup andal seperti Panglima Besar Jenderal Sudirman, KH Dimyati, Surono, Ki Bagus Hadikusumo, Abdul Kahar Muzakir, Kasman Singodimedjo, Adam Malik dan lain-lain.

Menyunggung Tanwir di LPMP Kalasan, Hadjam mengungkapkan ada beberapa kegiatan yang akan digelar. Mulai dari sarasehan kebangsaan yang akan diisi oleh Mantan Ketum PP Muhammadiyah Prof Ahmad Syafi’i Ma’arif, Ir H Teguh Sudirman (Purta Pangsar Sudirman), dan drs H Afnan Hadikusumo (DPD RI).

Selain itu juga akan diisi ceramah-ceramah dan materi membentuk karakter bela negara dan materi membentuk karakter kepemimpinan. “Sedangkan sidang di dalam Tanwir terbagi atas sidang kelompok daan pleno serta pembacaan hasil Tanwir dan rekomendasi,” paparnya.

Endra Widyarsono, Bendahara Umum PP Kwartir Ranting Pusat HW menambahkan, kegiatan akan diikuti seluruh Korwil di Indonesia ditambah peninjau. “Jumlahnya secara keseluruhan sekitar 150-an. Bisa sampai 200 dengan panitia,” tambahnya. KMP2



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sambut Usia 1 Abad, Hizbul Wathan Gelar Tanwir ke-1 di LPMP"

Posting Komentar