Serda Purwanto, Babinsa Pehobi Ternak Sapi


Serda Purwanto, kesibukan sebaagai Babinsa di Koramil Tempel tidak menghalanginya menyalurkan hobi beternak sapi. Foto: Ist

BERTUGAS selama 19 tahun sebagai prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan kini di Koramil 04 Tempel, Kodim 0732/Slm merupakan kebanggaan  bagi Serda Purwanto, terlebih saat pria kelahiran Sleman 17 Mei 1968 didapuk sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Desa Pondokrejo Kecamatan Tempel, Sleman.

Disela ketugasannya, suami dari Dra Sutarmini MPd ini masih sempat meluangkan waktu untuk mengurus usaha bisnis ternak sapi yang sudah dirintisnya. Menurutnya bisnis ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan perekonomian tanpa meninggalkan tugas pokok sebagai Abdi Negara dan Abdi masyarakat.

Mulanya, hanya bermodal satu ekor sapi betina  seharga  Rp12  juta, karena keuletannya kini jumlahnya berkembang menjadi 8 ekor.

”Di luar rutinitas melaksanakan tugas negara  masih saya sempatkan mengurus ternak sapi, kebetulan saya hobi beternak sapi, kini ada 8 ekor sapi yang kami pelihara,” beber Purwanto, kemarin.

Melalui usahanya tersebut, ungkap dia, terbukti mampu meningkatkan perekonomian keluarga. ”Selain untuk meningkatkan penghasilan bagi kebutuhan keluarga dari hasil beternak sapi, ternyata kami mampu menyekolahkan anak hingga jenjang kuliah,” ungkap bapak tiga anak yakni Alfika  Dewi (sudah bekerja),  Agisna Nursita sedang menempuh kuliah dan Vebri Arya Septa masih dibangku sekolah.

Sebagai Babinsa dirinya mengaku dalam bertugas selalu melibatkan mitra-mitra dalam menyelesaikan permasalahan dimungkinkan terjadi di lapangan. ”Sebagai Babinsa selalu kita rangkul tokoh agama,  tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan semua lembaga  sehingga jika ada permasalahan segera diatasi,” tutur Sersan yang pernah diterjunkan dalam operasi Tim-Tim pada tahun 1990 dan 1992.

Terpisah,  Danramil 04 Tempel, Kapten Czi Wajiyana mengapresiasi usaha mandiri ternak sapi  ini dan berharap dapat menginspirasi anggota lain serta masyarakat pada umumnya.

“Kami apresiasi, semoga kesuksesan usaha ternak sapi yang dijalankan Sersan Purwanto dapat  memotivasi anggota TNI yang lain dan masyarakat pada umumnya,” harap Wajiyana. KMP2/*


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Serda Purwanto, Babinsa Pehobi Ternak Sapi"

Posting Komentar