Kejari Sleman Musnahkan Ratusan BB, Banyak Sajam, Pistol Juga Ada


Kajari Sleman Bambang Surya Irawan SH menunjukkan pistol, salah satu barang bukti yang dimusnahkan, Rabu pagi. Foto: Ist

Kabarmerahputih.net – Kejaksaan Negeri (Kejari) Sleman memusnahkan ratusan barang bukti (BB) dari perkara yang telah memiliki kekuatan hukum tetap, Rabu (11/7/2018). Pemusnahan dilakukan di halaman Kejari Sleman di Jl Parasamya No. 6 Beran Lor, Tridadi, Sleman.

Kajari Sleman, Bambang Surya Irawan SH mengungkapkan, barang bukti yang dimusnahkan cukup beragam. Mulai dari barang bukti psikotropika, obat-obatan daftar G, dan barang bukti lain seperti senjata tajam yang digunakan untuk klitih.

Termasuk di antara barang bukti yang dimusnahkan adalah satu unit senjata api jenis pistol dan dua sertifikat palsu. Barang bukti tersebut dimusnahkan dengan cara dibakar. Sedangkan barang bukti berupa senjata tajam dan senjata api dimusnahkan dengan cara dipotong dengan menggunakan mesin gerinda.

“Pemusnahan ini semuanya perkara yang sudah punya kekuatan hukum tetap dan sudah inkrah. Kami lakukan pemusnahan bersama perwakilan dari Kepolisian, Rupbasan, BPOM, Dinas Kesehatan, BNNK, dan lapas,” ucap Bambang seperti dilansir Wartahukum.id.

Bambang menjelaskan, dilihat dari sisi perkara, barang bukti yang dimusnahkan terbanyak dari perkara psikotropika, kemudian penipuan dan penggelapan, serta pencurian. Sedangkan dilihat dari terpidananya, mayoritas berstatus mahasiswa, kemudian pegawai swasta dan anak-anak.

Ia menjelaskan, pemusnahan barang bukti merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan menyambut Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-58. Selain pemusnahan barang bukti, Kejari Sleman juga melaksanakan kegiatan social seperti donor darah.

“Donor darah diikuti lebih dari 120 peserta, dan ternyata dari donor darah itu bisa mengumpulkan 120 kantong darah. Menurut saya jumlah itu sangat banyak. Darah disumbangkan untuk yang membutuhkan apalagi kita tahu, stok darah di PMI juga berkurang,” terangnya.

Kegiatan lain yang dilakukan adalah anjangsana ke panti asuhan yang berada di lima lokasi. Kemudian anjangsana ke kediaman mantan pegawai Kejari Sleman. “Di panti asuhan kita juga serahkan sumbangan. Ada lima lokasi yang kita datangi,” tambahnya.

Di tingkat wilayah, ada kegiatan pekan olahraga yang diselenggarakan Kejati DIY. “Ada beberapa cabor yang dipertandingkan seperti bulutangkis, voli dan lain-lain. Ada juga lomba tari maumere dan lomba untuk anak seperti lomba adzan,” sambungnya. (*)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kejari Sleman Musnahkan Ratusan BB, Banyak Sajam, Pistol Juga Ada"

Posting Komentar