BSN: Pendidikan Standarisasi Tingkatkan Kualitas Industri



Kepala Badan Standarisasi Nasional, Prof Bambang Prasetya, saat memberi paparan pentingnya pendidikan standarisasi. Foto: Ratih Leswara

Kabarmerahputih.net Kesadaran akan pentingnya standarisasi pada apapun juga masih perlu ditingkatkan secara nasional. Untuk itu, pendidikan tentang standarisasi perlu dilakukan bahkan sejak dini agar terciptanya kualitas kehidupan yang lebih baik lagi.

“Semua negara maju, negara dengan industri yang maju, korelasinya selalu dengan standarisasi yang baik. Karena itulah pendidikan standarisasi penting diterapkan. Dan kami pun di BSN berpikir bagaimana agar perhatian terhadap standarisasi bisa dikembangkan,” ujar Kepala Badan Standar Nasional Prof Bambang Prasetya.

Kepada wartawan di sela pelaksanaan 2nd International Cooperation of Education about Standarization (ICES) di Hotel Eastparc Yogyakarta, Bambang mengatakan, dengan standarisasi yang bagus, pengelolaan industri nantinya juga akan bagus. Karena itu masyarakat perlu disadarkan akan pentingnya standarisasi. Dimulai dengan meningkatkan pengetahuan masyarakat, lalu keterampilan akan standarisasi.

“Dengan begitu, kebermanfaatan dari adanya standar mutu bisa lebih tinggi lagi. Inilah pentingnya meningkatkan budaya standar di kalangan masyarakat, sehingga memerlukan kerjasama BSN dengan para stakeholder,” imbuhnya.

Menurut Bambang, hingga saat ini, BSN sendiri telah melakukan kerjasama dengan 51 perguruan tinggi, 19 diantaranya turut mengembangkan pendidikan standardisasi, serta mendorong laboratorium di perguruan tinggi untuk diakreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN). Bahkan sudah ada 51 laboratorium di universitas yang telah diakreditasi oleh KAN, 6 diantaranya ada di DIY.

Sementara itu, Kepala Balitbang Industri Kemenperin Dr Ngakan Timur Antara mengatakan, keberadaan standar itu penting. Bagi Indonesia sendiri pendidikan standarisasi mampu berperan memperpendek jarak ketertinggalan dengan negara-negara lain.

“Untuk itu kita butuh membangun optimisme dalam bernegara, bagaimana agar kita mampu mengejar ketertinggalan. Caranya ialag bagaimana agar berbagai kebijakan pemerintah yang ada saat ini bisa dimanfaatkan mendorong kemajuan bangsa, termasuk dalam bidang industri dan perekonomian,” imbuhnya. (Ratih Keswara)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BSN: Pendidikan Standarisasi Tingkatkan Kualitas Industri "

Posting Komentar