SMKN 3 Yogya Luncurkan Portal Skagata Career Center


Skagata Career Center dibuat untuk memfasilitasi dan mempermudah alumni pencari kerja dan perusahaan dalam mencari pelamar lowonganya. Foto: Ist

Kabarmerahputih.net – Sebagai salah satu sekolah menengah kejuruan tertua di DIY, SMKN 3 Yogyakarta (Skagata) kembali meluncurkan inovasi baru berbasis Teknologi Informasi (TI). Bertempat di Aula Skagata, digelar Grand Launching portal karir Skagata Career Center Bursa Kerja Khusus SMKN 3 Yogyakarta, Rabu (1/8/2018).

Portal beralamat di http://www.bursakerjasmk.sch.id ini merupakan portal karir pertama di Indonesia yang menghubungkan antara Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK, perusahaan dan lulusan SMK pencari kerja yang dapat memberikan lowongan yang relevan sesuai jurusan pencarí kerja. Peluncuran portal akan diresmikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY dan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY.

Optimalisasi layanan BKK kepada alumni atau pencari kerja lulusan SMK menjadi salah satu latar belakang munculnya inovasi berbasis teknologi informasi ini. Ada dua keuntungan yang ditawararkan portal ini. Yakni menjembatani BKK, perusahaan dan lulusan SMK pencarí kerja. Juga mempermudah sekolah khususnya BKK dalam tracking alumninya.

Inovasi ini muncul karena keresahan pengurus BKK dalam pelaksanaan pendaftaran dan pengelolaan data para kandidat pencari kerja yang melamar kerja melalui BKK SMKN 3 Yogyakarta. Selama ini, para pelamar kerja setiap melamar pekerjaan melalui BKK SMKN 3 Yogyakarta diharuskan mengisi formulir pendaftaran serta melampirkan dokumen lamaran kerja.

“Kemudian biasanya perusahaan juga menginginkan rekap pendaftar lowongan dalam bentuk file excel sehingga pengurus BKK harus menulis ulang data formulir pencari kerja ini. Kami jadi kerja dua kali. Dokumen lamaran dan formulir jadi menumpuk memenuhi lemari apabila perusahaan tidak membawanya,” ungkap Faiz Mudhokhi, Koordinator BKK SMKN 3 Yogyakarta.

Melalui portal, semua ketidakefektifan dalam proses melamar kerja coba diminimalisir. “Pelamar kerja dapat melamar kerja di mana saja tanpa harus datang ke kantor BKK. Cukup membuat akun, mengisi data CV lengkap serta mengunggah dokumen lamaran,” terangnya.

“Perusahaan juga bisa secara otomatis mendapatkan data CV pelamar lowongannya, sekaligus melakukan seleksi online kepada pelamar lowongan. Melalukan panggilan tes, serta pencari kerja juga bisa secara realtime mendapatkan informasi progress lamarannya,” sambung Faiz.

Dengan portal karir ini, BKK dan perusahaan dimudahkan dalam mendapatkan kandidat serta melakukan seleksi secara online. “Memudahkan semua pihak antara BKK, perusahaan, dan pencari kerja adalah tujuan dibuatnya website ini,” pungkasnya. (*)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SMKN 3 Yogya Luncurkan Portal Skagata Career Center "

Posting Komentar