UAD Wisuda Anak Sulung Anggota Parlemen Thailand



Kabarmerahputih.net - Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar upacara wisuda periode Juli 2018, Sabtu (27/07018. Upacara wisuda yang digelar di Jogja Expo Center ini diikuti 1.020 wisudawan. Satu diantara para wisudawan tersebut ialah Mus-ab Buenae asal Thailand, mahasiswa Program Studi Magister Psikologi.

Mus-ab Buenae merupakan satu dari empat mahasiswa asing yang diwisuda pada periode Juli 2018. Mus-ab Buenae lulus dengan predikat sangat memuaskan dan IPK 3,54. Pria kelahiran Pattani, 5 Mei 1992 ini merupakan putra sulung anggota parlemen Thailand Muhammad Alawee dan sang istri Samila. Mus-ab sendiri telah menempuh pendidikan di UAD sejak S1.

"Saya yang memang menyarankan putra pertama saya ini untuk berkuliah di UAD. Alasannya, karena saya pribadi merasa terkesan dengan sosok Ahmad Dahlan sebagai tokoh Islam maupun tokoh negara di Indonesia yang ikut memperjuangkan kemerdekaan bangsanya. Saya ingin anak saya belajar lebih banyak tentang perjuangan hidup Ahmad Dahlan, selain ilmu yang ditempuhnya," ujar Alawee.

Alawee sendiri mengaku mengetahui sosok Ahmad Dahlan dari buku-buku yang dibacanya. Pria yang berdomisili di Thailand bagian selatan ini mengaku ingin pula menularkan pemikiran Ahmad Dahlan tentang kehidupan, termasuk pendidikan bagi masyarakat muslim di Thailand selatan. "Lewat syiar-syiar dari organisasi Muhammadiyah di Thailand selatan, saya ingin pemikiran-pemikiran Ahmad Dahlan juga berkembang di tempat kami," imbuhnya.

Mahasiswa asing yang ikut diwisuda kali ini ialah tiga mahasiswa asal China yang juga mengikuti program pascasarjana. Mereka adalah Peng Licheng dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Wu Junhong dan Liang Jibing dari Manajemen Pendidikan.

Sementara itu, Rektor UAD Dr Kasiyarno MHum mengatakan, para wisudawan terdiri dari 916 wisudawan S1 dengan IPK rata-rata 3,4 serta 104 wisudawan S2 dengan IPK rata-rata 3,7. IPK lulusan S1 UAD naik 0,08 poin dari perioda wisuda sebelumnya, sedangkan lulusan S2 naik 0,02 poin.

"Wisudawan S2 terdiri dari 21 wisudawan Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris, 7 wisudawan Program Magister Pendidikan Fisika, 11 wisudawan Program Magister Psikologi Profesi, 25 wisudawan Program Magister Psikologi Sains Sekolah, 21 wisudawan Program Magister Farmasi, dan 12 wisudawan Program Magister Manajemen Pendidikan, serta 7 orang wisudawan Magister Teknik Informatika," paparnya.

Wisudawan S1 pada periode ini dengan kelulusan tercepat yakni masa studi 3 tahun 6 bulan 23 hari, diraih wisudawan prodi S1 Farmasi atas nama Inda Asriani dengan IPK 3,89. Sedangkan wisudawan termuda adalah Umratun Makmur dari prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris dengan IPK 3,77 yang lulus pada usia 19 tahun 7 bulan 3 hari. (Ratih Keswara)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "UAD Wisuda Anak Sulung Anggota Parlemen Thailand"

Posting Komentar