Hasil PKM Diharapkan Bisa Jadi Produk Inovasi


Kabarmerahputih.net - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Prof. Mohamad Nasir, Ph.D menilai Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) telah mampu meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia. Karena itu, karya ilmiah hasil PKM harus diupayakan masuk dunia industri.

"Karya ilmiah yang masuk Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) tentu melalui seleksi dan sudah pasti berkualitas. Ini membuktikan ide-ide kreatif hasil karya mahasiswa Indonesia banyak yang berkualitas, sehingga sayang kalau hanya jadi gagasan saja," ungkap Nasir saat membuka PIMNAS ke-31 di GOR UNY, Kamis (30/08/2018).

Nasir pun mengatakan, karya ilmiah yang hanya dipaparkan saja tidak akan bisa masuk industri dan ke dunia usaha atau masyarakat. Seperti kata Presiden Jokowi, Nasir menegaskan, rakyat Indonesia jangan mau hanya jadi tukang, tapi harus bisa berinovasi agar dimanfaatkan masyarakat luas.

Untuk itu, melalui ajang PIMNAS, Nasir berharap para mahasiswa Indonesia bisa menjadi orang terbaik dan berprestasi. Mudah-mudahan di PIMNAS selanjutnya bisa masuk pula kategori inovasi mahasiswa, agar bisa menghantarkan mahasiswa menjadi enterpreneur yang berkualitas,” paparnya.

Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X mengatakan, seluruh pihak perlu menyambut PIMNAS dengan penuh apresiasi. Apresiasi berarti dapat menyadari sepenuhnya seluk beluk karya ilmiah yang ditampilkan, sehingga mampu menilai karya tersebut dengan standar ilmiah pula.

“Tahapan selanjutnya adalah agar PIMNAS ini menjadi kegiatan kreatif inovatif yang berkelanjutan. Secara sederhana, kreativitas adalah proses karya cipta gagasan-gagasan dan konsep-konsep, sedangkan inovasi adalah proses perwujudan ide-ide kreatif hingga menghasilkan outcome yang memiliki nilai, baik nilai akademik maupun nilai ekonomis,” jelas Sri Paduka.

Sementara itu, Rektor UNY Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd mengatakan, beragam hasil karya ilmiah mahasiswa yang akan ditampilkan dalam PIMNAS ke-31 ini patut mendapat apresiasi. Sebagai ajang kompetisi tingkat nasional, PIMNAS juga diharapkan menjadi momentum mempererat tali persaudaraan dalam bingkai negara Indonesia.

"PIMNAS kali ini mengangkat tema 'Mewujudkan Mahasiswa Indonesia Yang Unggul, Kreatif, Inovatif Berlandaskan Ketakwaan, Kemandirian Dan Kecendekiaan Dalam Bingkai Kebhinekaan'. Diharapkan tema ini selaras dengan cita-cita pendahulu bangsa kita yang ingin menciptakan sumber daya manusia Indonesia yang unggul," imbuhnya.

UNY bertindak sebagai tuan rumah PIMNAS kali ini. Pada PIMNAS ke-31 ini terdapat 136 perguruan tinggi yang menjadi peserta, baik negeri maupun swasta dari seluruh daerah. Total PKM yang akan berlaga ialah 440 karya ilmiah dengan total mahasiswa peserta hingga 1.523 orang. Setiap karya ilmiah akan mengikuti sesi penilaian berupa presentasi dan pameran poster hasil penelitian. (Ratih Keswara)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hasil PKM Diharapkan Bisa Jadi Produk Inovasi"

Posting Komentar