11 Tim Marching Band Meriahkan Komsos Kreatif Korem Pamungkas


Salah satu peserta tengah unjuk kebolehan pada komsos kreatif yang digelar Korem 072 di Alun-alun Utara Yogyakarta, Jumat. Foto: KMP2

Kabarmerahputih.net – Korem 072/Pamungkas kembali menggelar komsos kreatif. Kali ini, Korem menggelar lomba marching band dan lomba lukis yang diikuti 11 tim dari 10 Kodim yang ada di lingkungan Korem Pamungkas. Lonmba digelar di Alun-alun Utara Yogya, Jumat (24/8/2018).

Para peserta yang ambil bagian dalam lomba merupakan para juara di tingkat Kodim di wilayah DIY-Kedu. Juara dari lomba ini akan mewakili Korem 072 dalam lomba serupa di tingkat Kodam IV/Diponegoro dan kembali dipilih yang terbaik untuk maju ke tingkat nasional.

Danrem 072 Brigjen TNI Muhammad Zamroni mengungkapkan, marching band sengaja dipilih karena sebagai tema besar Komsos Kreatif dari Mabes TNI AD. Pemenang dari lomba tingkat Korem ini akan maju ke tingkat Kodam IV/Diponegoro untuk selanjutnya dicari kembali satu pemenang terbaik guna maju ke tingkat nasional mewakili Kodam IV.

Menurut Zamroni, tugas pokok TNI tercantum dalam UU No.34 Tahun 2004 dilaksanakan melalui Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Dan salah satu tugas dalam OMSP adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan dan kekuatan serta pendukungnya secara dini sesuai dengan sistim pertahanan semesta dan TNI AD melaksanakan tugas tersebut melalui Pembinaan Teritorial. TNI AD dalam melaksanakan pembinaan Teritorial menggunakan metode Komunikasi Sosial.

“Komsos merupakan kecakapan intern personil yang harus dimiliki oleh setiap individu prajurit dalam membangun interaksi yang berkualitas dengan masyarakat, oleh karena itu bahwa komunikasi sangat penting untuk membangun konsep diri dan kelangsungan hidup serta aktualisasi diri dalam bekerjasama dengan masyarakat dalam upaya untuk mencapai tujuan bersama. Dan komsos kreatif ini salah satu bagian hal tersebut,” jelasnya.

Brigjen Zamroni mengatakan, dalam marching band banyak terkandung nilai-nilai kerjasama dan kedisiplinan. Hal ini lah yang diperlukan oleh para generasi muda saat ini. “Kalau dalam marching band anggotanya tidak ada kerjasama dan disiplin bagaimana mau juara,” tegas Danrem. KMP2 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Tim Marching Band Meriahkan Komsos Kreatif Korem Pamungkas"

Posting Komentar