25 PT Ikuti Jambore dan Olimpiade Bela Negara



Kabarmerahputih.net - Sebanyak 25 perguruan tinggi (PT) se-Indonesia mengikuti kegiatan Jambore dan Olimpiade Bela Negara 2018 di UPN Veteran Yogyakarta. Selama tiga hari yakni 3-5 Agustus 2018, para mahasiswa perwakilan PT mengikuti serangkaian kegiatan guna mengobarkan kembali semangat bela negara mereka sebagai generasi penerus bangsa.

Rektor UPN Veteran Yogyakarta Prof Dr Sari Bahagiarti MSc usai acara pembukaan Jambore dan Olimpiade Bela Negara di kampus setempat mengatakan, keinginan UPN Veteran Yogyakarta untuk menularkan semangat bela negara semakin besar sejak ditetapkam sebagai PT dengan ciri khas bela negara.

"Sejak ditetapkan sebagai PTN, kami memang diberi amanah oleh Kementerian Pertahanan dalam hal bela negara. Dalam rangka itu, kami menyelenggarakan kegiatan jambore dan olimpiade ini. Tahun lalu kami sudah mengadakan kegiatan sinergi kampus bela negara, sekarnag kami mengundang lebih banyak lagi PT untuk ikut bergabung untuk bersama mengimplementasikan semangat bela negara di kampus masing-masing," ujarnya, Jumat (03/08/2018).

Diungkapkan Sari, tahun ini, kegiatan bela negara diikuti 25 PT, baik PTN maupun PTS se-Indonesia. Masing-masing PT mengirimkan lima mahasiswa putri, lima mahasiswa putra dan dua dosen pembimbing. Dengan berkumpulnya para perwakilan PT dari seluruh daerah di Indonesia ini, Sari berharap PT di Indonesia bisa bersinergi dan saling mempunyai visi yang sama tentang bela negara.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kemenhan RI Prof Dr Ir Bondan Tiara Sofyan MSi mengatakan, nilai-nilai bela negara meliputi rasa cinta tanah air, kesadaran berbangsa bernagara, hingga mengakui Pancasila sebagai ideologi bangsa. Dengan adanya kegiatan Jambore dan Olimpiade Bela Negara tersebut, ia yakin bisa memacu generasi muda untuk memahami dan melaksanakan apa yang disebut bela negara.

"Kegiatan ini bagi saya luar biasa, karena para pesertanya tidak lagi dijejali dengan teori lagi, tapi justru aplikasinya. Karena itu saya memberi apresiasi yang tinggi terhadap UPN Veteran Yogyakarta yabg memprakarsai acara ini," ungkapnya.

Menurut Bondan Tiara, kesadaran bahwa bangsa Indonesia itu bhinneka atau berbeda-beda harus dimiliki generasi muda penerus bangsa. Dan untuk mewujudkan ketunggalan sebagai sebuah bangsa tidaklah mudah dan membutuhkan usaha. "Bangsa ini tidak satu macam, jadi masing-masing individu tidak boleh egois apapun persoalan yang dihadapi," imbuhnya. (Ratih Keswara)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "25 PT Ikuti Jambore dan Olimpiade Bela Negara"

Posting Komentar