Akhirnya, Nasabah KSP Alfa Mandiri Mulai Terima Kembali Tabungannya


Sebagian nasabah KSP Alfa Mandiri mulai menerima kembali uang tabungannya setelah koperasi vakum 2 bulan. Foto: Ist

Kabarmerahputih - Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Alfa Mandiri, Badran, Kranggan, Temanggung akhirnya membagikan uang tabungan kepada 2500 - 3000 nasabahnya. Jumlah itu baru separuh dari jumlah nasabah koperasi yang mencapai 5.800 orang. Pembagian dilaksanakan Senin (30/7/2018) sampai Jumat (3/8/2018).

Pembagian uang nasabah dilakukan karena dalam 2 bulan koperasi tidak melayani transaksi alias vakum. Sebelum Lebaran lalu, banyak nasabah menginginkan penarikan uang secara bersama, namun karena tidak ada uang tunai, maka pembagian belum bisa dilakukan saat itu.

Pengurus Koperasi, Ali Rohmad mengatakan, koperasi sebenarnya memiliki uang namun tidak dalam bentuk tunai melainkan berbentuk aset. Untuk saat ini, koperasi menyelesaikan pembayaran kepada nasabah sebanyak 3.000 orang.

“Kemudian kita minta waktu untuk 3 bulan untuk menjual asset. Setelah aset terjual, kami berjanji akan menyelesaikan pembayaran kepada nasabah yang belum mendapatkan haknya,” kata Ali seperti dilansir wartahukum.id.

Kapolres AKBP Wiyono Eko Prasetyo mengatakan, setelah pembagian yang dilakukan hingga Jumat lusa, pengurus koperasi akan melanjutkan pembagian setelah menjual asset. Namun jika dalam batas waktu 3 bulan tidak bisa menyelesaikan pembayaran kepada nasabah, akan dilakukan proses hukum.

“Kalau tidak selesai dalam waktu 3 bulan akan diproses hukum. Saat ini ini 2 orang pengurus yang bertanggung jawab sudah ditahan di Polres selama hampir 2 bulan,” katanya.

Kuasa hukum KSP Alfa Mandiri dari LBH Temanggung Muhamad Jamal SH MH mengatakan, pembagian uang dilakukan kepada 3000 nasabah dengan nominal Rp 500 ribu ke bawah. Setelah akan dilakukan pembagian uang dengan nominal Rp 1 juta ke bawah, disesuaikan dengan uang yang tersedia di koperasi.

“Kami meminta kepada nasabah yg belum mendapatkan bagian uang, untuk bersabar, menunggu penjualan aset dalam 3 bulan ke depan. Dan bagi yang berminat membeli aset bisa mengubungi kami. Anggota yang meminjam uang agar segera mengembalikan supaya koperasi bisa mengembalikan tabungan anggota,” katanya. (*)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Akhirnya, Nasabah KSP Alfa Mandiri Mulai Terima Kembali Tabungannya"

Posting Komentar