Budi Luhur-Meiji Manga Fest Meriahkan 60 Tahun Hubungan Indonesia-Jepang


Ratusan peserta mengikuti seminar dan festival Manga menandai 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang. Foto: Ist

Kabarmerahputih.net – Hubungan diplomatik Indonesia- Jepang telah berusia 60 tahun. Universitas Budi Luhur Jakarta turut ambil bagian dalam peringatan hubungan diplomatik ini dengan menggelar seminal dan festival manga.

Bersama Meiji University, Jepang, Universitas Budi Luhur menggelar Budi Luhur – Meiji Manga Festival 2018. Kegiatan ini bukanlah yang pertama. Sudah beberapa tahun ini, Universitas Budi Luhur menggandeng Jepang, baik pertukaran mahasiswa maupun pertukaran pengetahuan dalam bidang budaya, seni dan sebagainya.


Budi Luhur-Meiji Manga Fest 2018 menghadirkan para pembicara yang cukup kompeten di bidangnya. Foto: Ist

Tahun ini, bersama Meiji University, seminar dan festival manga semakin kaya dengan pengetahuan yang dapat diserap oleh mahasiswa Univ. Budi Luhur, terkait dengan budaya Jepang yang sudah diketahui memiliki budaya dan tradisi yang cukup kuat.

Ketua Panitia Manga Seminar dan Manga Festival 2018, Arief Ruslan mengatakan, seminar internasional dan festival manga mengusung tema Chara Ganbatte "Celebrating Women in Manga Industries". Dalam gelaran ini dikupas bagaimana peranan manga di dunia modern khususnya bagi kaum hawa. 

Seminar menghadirkan para pembicara yang kompeten di bidangnya. Antara lain Prof Fujimoto Yukari dari Meiji University Jepang dan komikus perempuan Azisa Noor Koesoema dari Indonesia dengan moderator komikus perempuan Kathrinna Rakhmavika.


Rektor Universitas Budi Luhur serta perwakilan dari Meiji University turut ambil bagian dalam kegiatan. Foto: Ist

“Semua tokoh spesial ini membahas peranan wanita dalam Manga Industries yang diketahui terus mengalami perkembangan mengikuti jaman," ugkap Kepala Animasi FIKOM UBL tersebut.

Rektor Universitas Budi Luhur, Prof Dr sc agr Ir Didik Sulistyanto mengatakan, festival manga kali ini difokuskan kepada Kartini-Kartini masa depan. Harapannya, para Kartini masa depan dapat berinovasi dengan mengembangkan potensi kedua budaya, yakni Indonesia dan Jepang, sehingga akan lahir produk-produk paduan dalam rangka 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang.


Cosplay tak ketinggalan memeriahkan Budi Luhur - Meiji Manga Fest 2018 di Universitas Budi Luhur Jakarta. Foto: Ist

"Jepang diketahui sebagai negara di mana Manga berasal. Begitu pun Indonesia, yang diketahui memiliki tradisi yang cukup kaya. Harapannya, dengan kegiatan ini akan memberikan pengetahuan kepada Kartini masa depan untuk dapat berkarya dengan karya-karya inovatif, khususnya di bidang Manga," harapnya.

Budi Luhur – Meiji Manga Fest 2018 cukup menyedot perhatian para mahasiswa Universitas Budi Luhur. Tak kurang dari 400-an mahasiswa, siswa SMA, dan masyarakat umum memadati ruang Teater UBL. Mereka antusias menghadiri seminar dan festival Manga 2018, di Ruang Theater dan di Rumah Baduy Universitas Budi Luhur. (*)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Budi Luhur-Meiji Manga Fest Meriahkan 60 Tahun Hubungan Indonesia-Jepang"

Posting Komentar