HUT ke-57 Korem 072, Danrem Ingatkan Loyalitas Prajurit


Danrem 072/Pmk menyerahkan potongan tumpeng saat syukuran HUT ke-57 Korem 072 di Monumen Diponegoro Tegalrejo. Pada kesempatan itu danrem mengingatkan loyalitas prajurit TNI AD. Foto: Sodik

Kabarmerahputih.net - Korem 072/Pamungkas berulang tahun ke-57. Syukuran ulang tahun digelar secara sederhana di Monumen Diponegoro Tegalrejo, Jumat (21/8/2018) dan dihadiri Danrem, Kasrem, para Kasi, para Dandim di wilayah Korem 072, serta Persit KCK.

Pada kesempatan itu, Danrem 072 Brigjen TNI Muhammad Zamroni mengingatkan kembali loyalitas prajurit TNI AD. Danrem menegaskan, TNI tidak loyal selain hanya kepada bangsa dan negara yang diimplementasikan dengan loyalitas pada pimpinan.

“Jangan sekali-kali tidak setia dan loyal kepada pimpinan. Itu adalah implementasi loyalitas praurit terhadap bangsa dan negara. TNI AD tidak loyak kepada aliran atau golongan tertentu. TNI hanya loyal pada bangsa dan negara,” tegas Danrem.

Danrem menegaskan, dalam perjalanannya Korem 072 memiliki cukup banyak cerita dan prestasi membanggakan. Korem 072 yang lahir dari Wherkreiss di bawah pimpinan Letkol Soeharto telah menyumbang putra-putra terbaiknya untuk memimpin Republik Indonesia.

Jenderal Besar Soeharto yang menjadi Danrem 072 pertama menjadi Presiden RI ke-2, kemudian Jenderal Soesilo Bambang Yudhoyono yang juga mantan Danrem 072 juga menjadi Presiden RI. Selain itu masih ada Jenderal Djoko Santoso yang menjadi panglima TNI.

Kendati begitu, lanjut Danrem, sejarah Korem 072 yang membawahi wilayah DIY dan sebagian eks karesidenan Kedu juga dihiasi kisah penghianatan dari prajuritnya sendiri. Di mana, Kolonel Katamso dan Letkol Sugiyono menjadi pahlawan revolusi setelah menjadi korban penghianatan anak buahnya sendiri.

“Kisah yang harum harus jadi suri tauladan buat kita semua, dan yang pahir harus bisa direfleksikan. Jangan sampai menggadaikan jiwa ksatria seperti yang dilakukan para pengkhianat yang rela menghabisi pimpinannya sendiri,” tegas Danrem.

Danrem menambahkan, kisah sejarah akan berulang. Karena itu cerita-cerita masa lalu harus menjadi inspirasi agar apa yang baik bisa diteladani dan yang buruk tidak terulang kembali.

Pada kesempatan itu, Danrem juga menyerahkan penghargaan kepada para prajurit yang berprestasi. Sebagian besar adalah yang terlibat dalam penangkapan buron kasus pemalsuan dokumen tanah milik TNI AD di Jalan Kaliurang Km 5,8.

Ulang tahun Korem 072/Pamungkas sejatinya jatuh pada 1 September. Namun demikian syukuran sengaja digelar sehari lebih awal. KMP2


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HUT ke-57 Korem 072, Danrem Ingatkan Loyalitas Prajurit"

Posting Komentar