HUT ke-73 RI: Tak Cuma Ikut Upacara, Mahasiswa Papua di Yogya Juga Melakukan Ini


Mahasiswa Papua di Yogyakarta untuk pertama kalinya mengikuti upacara Kemerdekaan RI di Balai Kota, Jumat (17/8/2018). Foto: Ist

Kabarmerahputih.net – Ada yang menarik pada upacara Kemerdekaan RI ke-73 di Balai Kota Yogyakarta, Jumat (17/8/2018). Untuk pertama kalinya, upacara diikuti mahasiswa Papua yang tengah mengenyam Pendidikan di Kota Pelajar.

Puluhan mahasiswa asal Papua yang tinggal di asrama Papua Kemasan Yogya turut mengikuti upacara detik-detik proklamasi. Sejak awal datang mereka lalu masuk dalam barisan bersama peserta lain dari berbagai instansi untuk mengikuti upacara bendera.

Penuh khidmat, para mahasiswa yang selama ini tak pernah ikut upacara HUT Kemerdekaan turut memberikan hormat pada bendera merah putih saat dikerek naik pasukan pengibar bendera.


Kejutan diberikan saat perwakilan mahasiswa Papua di Yogya secara simbolis menyerahkan karangan bunga kepada Wali Kota Yogya, Haryadi Suyuti. Foto: Ist

Linus Kogoya, Ketua Asrama Mahasiswa Papua Yogyakarta mengaku senang bisa ikut upacara kemerdekaan di Balai Kota. “Ini kali pertama kami ikut upacara bendera di Yogya, dan rasanya sangat tenang,” ucap Linus.

Ia menegaskan, ia kedatangannya bersama rekan-rekannya yang lain dilakukan atas keinginan sendiri tanpa ada paksaan pihak lain. Selain itu, ia datang karena ‘orang tua’ mereka ikut datang. Orang tua para mahasiswa itu adalah salah seorang kerabat Keraton Yogyakarta Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Poerbokusumo yang kerap disapa Romo Acun Hadiwidjojo.

Cucu dari Raja Keraton Sri Sultan HB VIII itu, oleh komunitas mahasiswa Papua di Yogya dianggap sebagai bapak. Linus menambahkan, selama ini para mahasiswa Papua di Yogya tak pernah terlibat dalam kegiatan upacara kemerdekaan seperti masyarakat Indonesia lainnya. “Kami tak pernah dilibatkan, tapi setelah hari ini kami akan ikut terus dalam upacara kemerdekaan,” ujarnya.


Mahasiswa Papua di Yogya berfoto dengan para pejabat setelah mengikuti upacara bendera di kompleks Balai Kota Yogyakarta. Foto: Ist

Sementara Romo Acun mengaku merasa terharu terharu dengan sikap mereka. “Selama ini mahasiswa Papua dianggap penuh masalah, suka demo, dan anarkis. Hari ini bisa dilihat jika mereka juga punya rasa nasionalisme sebagai bagian Indonesia,” katanya.

Tidak hanya mengikuti upacara, setelah selesai secara simbolis mereka menyerahkan karangan bunga kepada Walikota Yogya sebagai simbol rasa syukur dan bisa ikut serta dalam upacara kemerdekaan. KMP2


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HUT ke-73 RI: Tak Cuma Ikut Upacara, Mahasiswa Papua di Yogya Juga Melakukan Ini "

Posting Komentar