Merasa Diremehkan Partai, Caleg Gerindra Ini Pilih Mundur


Merasa diremehkan dan diperlakukan tidak adil, Settyawati memilih mundur dari pencalegan melalui Partai Gerindra. Foto: Ist

Kabarmerahputih.net  – Tak puas oleh kebijakan partai, Settyawati, calon anggota legislatif (Caleg) DPRD Kota Yogyakarta Dapil 3 dari Partai Gerindra memilih mundur. Sebabnya, ia kecewa karena digeser sepihak ke Dapil 5 oleh partai.

Keputusan mundur diambil setelah tidak ada klarifikasi yang jelas dari DPC partai atas pemindahan dirinya dari Dapil 3 ke Dapil 5. “Surat pengunduran sudah saya sampaikan ke DPC maupun  Komisi Pemilihan Umum (KPU),” ujar Settyawati, kemarin.

Ia menjelaskan, jauh hari setelah dilakukan penjaringan dan ditetapkan bakal caleg Gerindra Dapil 3, pihaknya telah membentuk tim untuk melakukan sosialisasi. Bahkan kondisioning penjaringan terhadap calon konstiuen pendukungnya pun dilakukannya melalui ragam kegiatan di sejumlah wilayah Dapil 3.

Ketika KPU membuka secara resmi pendaftaran Bakal Caleg, ternyata dirinya didaftarkan oleh DPC sebagai Caleg Dapil 5. Pemindahan ke lain dapil ini tanpa ada pemberitahuaan resmi dan/atau melalui mekanisme musyawarah. “Saya sempat menanyakannya melalui grup WA, tapi malah dikeluarkan dari grup,” ujar Settyawati.

Karena merasa disepelekan dan diperlakukan tidak adil, Settyawati menentukan sikap undur diri dari pencalegan melalui surat tertanggal 31 Juli 2018. Ini artinya, nama dirinya kelak tidak boleh ada lagi di Daftar Pemilih Tetap (DPT) Calon DPRD II Yogya. Sebab surat tersebut dtembuskan antara lain ke Panwaslu, DPD Gerindra DIY dan DPC Gerindra Kota Yogya.

“Ini tidak adil. Saya sudah jauh-jauh hari membangun basis massa di wilayah Dapil 3, tapi tanpa musyawarah apa pun ternyata dipindahkan ke Dapil 5. Sedangkan posisi saya di Dapil 3 itu digantikan caleg yang justru selama ini berdomisili di Magelang. Entah kenapa bisa demikian,” papar Settyawati.

Ketua DPC Partai Gerindra Yogya Anton Prabu Semendawai SH belum memberikan klarifikasinya. Sedangkan Sekretarisnya, Hartanto SH MH juga enggan memberikan keterangan rinci, alasannya tidak pada posisi yang memiliki kewenangan untuk memberikan keterangan pers. (*)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Merasa Diremehkan Partai, Caleg Gerindra Ini Pilih Mundur"

Posting Komentar