PLN ‘Hambat’ Pembangunan Jaringan Listrik Reservoir Sermo


Kabarmerahputih.net - Rencana Satuan Kerja (Satker) Pengembangan Sistem Penyedia Air Minum (PSPAM) DIY, Ditjen Cipta Karya untuk memasang jaringan listrik di kawasan Sermo, Kokap, Kulonprogo batal dilakukan. Sebabnya, karena jaringan yang tersedia tidak disetujui PLN.

Semula, untuk memasang jaringan listrik ke Sermo, Satker PSPAM DIY berencana memanfaatkan jaringan yang telah dibuat Pemda. Jaringan dibuat Pemda yang ingin memasang jaringan listrik ke Sermo. Tapi Sayang, proyek itu hanya terealisasi separuh jalan karena kendala keuangan.

Tak ingin pekerjaan yang sudah dilaksanakan terbengkalai, Satker PSPAM mencoba meneruskan sisa pekerjaan tersebut. “Kita coba selesaikan karena tidak operasi-operasi. Tapi ternyata jaringan yang dipasang oleh Pemda itu tidak serta merta bisa kita pakai,” ucap Kepala Satker PSPAM DIY, Budi Mulyo Utomo seperti dilansir wartakonstruksi.com.

Menurut Budi, kendala muncul karena PLN belum menerima asset yang sudah ada. PLN, kata dia, hasil harus melakukan evaluasi lagi terhadap jaringan yang sudah ada agar sesuai standar yang ditetapkan PLN. Di sisi lain, PLN sempat memberikan alternative solusi.

“Mereka menawarkan kalau bapak butuh cepat, bisa saja tapi tidak melalui jaringan yang sudah dibuat Pemda. Tapi menggunakan jaringan yang lain,” terangnya.

Kendati begitu, persoalan tidak begitu saja terselesaikan. Daya yang dihasilkan dari jaringan yang ditawarkan jauh lebih besar dari kebutuhan, yakni mencapai 375 kilovolt-ampere (kVA). Padahal kebutuhannya hanya 147 kVA saja.

“Otomatis kan over, selain nilainya juga menjadi besar. Ini menjadi beban di PDAM juga yang akan menggunakan. Saya tawarkan ke PDAM mau enggak, tapi dia enggak mau. Nanti berat biaya per bulannya,” terang Budi.

Dengan kondisi itu, rencana memasang jaringan ke Sermo yang sejatinya dilakukan tahun ini akhirnya didrop. Keputusan itu diambil dalam rapat yang digelar sebelum Idul Fitri lalu. Sebagai gantinya, Satker PSPAM meminta bantuan Pemda DIY agar bisa dialokasikan anggaran untuk kebutuhan tersebut.

Suryanta, Humas PLN Area Yogyakarta mengungkapkan, sejauh ini belum ada jaringan yang mengarah ke lokasi. Jaringan yang dibangun Pemda dilakukan tanpa koordinasi dengan PLN. Di sisi lain, jaringan yang berada di tengah hutan sangat riskan.

“Memang belum ada jaringan kea rah sana, itu dibangun tanpa sepengetahuan PLN. Apalagi di tengah hutan kan risman, rawan gangguan. Kita mau mau motong pohon punyanya Kehutanan juga izinya harus sampe ke atas,” terangnya.

Ia menegaskan, sabungan jaringan listrik ke Sermo bisa saja dilakukan namun dengan daya yang lebih tinggi. “Kalau investasi tidak sesuai daya, makanya daya yang dinaikkan,” tegasnya. (*)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PLN ‘Hambat’ Pembangunan Jaringan Listrik Reservoir Sermo"

Posting Komentar