Seto, Semula Iseng Kini Siap Harumkan Nama Bangsa


Seto, atlet sport climbing termuda di Timnas Indonesia siap mempersembahkan yang terbaik bagi bangsa. Foto: fpti.or.id

Iseng ikut berlatih bersama sang kakak saat berusia SD, ternyata membawa perubahan signifikan pada diri Seto, atlet timnas sport climbing termuda Indonesia.seiring berjalalannya waktu, Seto mulai lebih serius hingga terpilih menjadi salah satu atlet yang bakal membela Indonesia di Asian Games 2018 ini.

Ya, dialah Seto yang tengah serius mempersiapkan diri agar bisa mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Selama persiapan, Seto selalu memiliki ritual tersendiri. Menyegarkan badan dengan guyuran air menjadi salah satu ritual yang selalu dilakukannya sebelum berlatih.

Merasa segar, kaus latihan bertuliskan Indonesia pada bagian punggung ia pakai. Tak lupa, pomade tak pernah terlewatkan untuk merapikan rambut, plus deodorant agar tetap wangi meski bercucuran keringat. Perangkat latihan seperti harnes, dua pasang sepatu panjat yang terdiri dari sepasang sepatu lead dan boulder, serta sepasang sepatu speed juga tak pernah terlewatkan.

Siswa SMK 1 Piri Yogyakarta ini mengakui tidak serta merta tertarik menggeluti panjat tebing. Sang kakak, Bayu, yang merupakan atlet panjat tebing dengan spesialisasi boulder adalah sosok penting dibalik perjalanannya sebagai atlet panjat tebing.

Bayu tak lelah mengenalkan dunia yang digelutinya kepada sang adik serta mengajarkan cara memanjat yang benar dan menjadi juara. “Kakak mengenalkan olahraga ini waktu saya masih kelas 4 SD. Awalnya iseng ikut latihan tapi lambat laun mulai senang,” kata Seto.

Atlet asal Sleman ini mengungkapkan, ada kepuasan tersendiri ketika berhasil menyelesaikan jalur dan mencapai puncak. Terlebih setelah melewati jalur yang cukup rumit. Hal ini turut mendorongnya untuk lebih giat berlatih dan mengasah kemampuan.

Pengalaman sering berlatih dengan pemanjat yang lebih senior, turut membentuk mental bertanding Seto. Prestasi terbaik pun diraih dengan menjuarai kompetisi terbuka ROX Bouldering di Manila, Filipina. Prestasi itu pula yang mengantarnya masuk Pelatnas Asian Games cabor panjat tebing.

Meski sudah mulai diperhitungkan di usianya yang masih muda, Seto enggan jumawa. Ia tetap tekun berlatih baik teknik memanjat maupun fisik. Ia sadar masih banyak pemanjat lain yang lebih jago darinya.

Seto pun kini tengah merintis mimpinya untuk mempersembahkan yang terbaik bagi Merah Putih di Asian Games Jakarta-Palembang. “Saya ingin memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” ujar pengagum pemanjat Jepang, Tomoa Narasaki itu.

Asian Games menjadi tantangan tersendiri bagi Seto karena ia akan bermain di nomor combine yang memadukan kecakapan di nomor speed, lead, dan boulder. Seto harus bekerja ekstra keras karena ia harus menguasai ketiga nomor itu sekaligus. (*)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Seto, Semula Iseng Kini Siap Harumkan Nama Bangsa"

Posting Komentar