Upacara Bendera Dusun Cungkuk: Irup Dikawal bak Presiden, Petugas Upacara Kenakan Sorjan


Suasana khidmat saat upacara bendera pada puncak peringatan Kemerdekaan RI di halaman Masjid Al-Hikmah. Foto: Ist

Kabarmerahputih.net – Upacara bendera tanggal 17 Agustus menandai puncak peringatan kemerdekaan. Seluruh warga turut ambil bagian dalam upacara, tak terkecuali yang berada di desa. Beberapa bahkan menggelar upacara dengan cara yang cukup unik.

Seperti yang dilakukan di Padukuhan Cungkuk, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Di sini, upacara diawali dengan mengarak Dukuh setempat, Kahono, yang bertindak sebagai inspektur upacara. Dengan menaiki mobil sedan warna hitam, ditambah aksesori bendera merah putih, Kahono dikawal ketat oleh Babinkamtibmas dan perangkat yang bertindak layaknya Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Rombongan ‘Presiden’ ini berkeliling kampung sebelum menuju lokasi upacara di halaman Masjid Al-Hikmah, Cungkuk yang telah dipadati warga peserta upacara. Hal unik lainnya dari upacara di Cungkuk, petugas upacara mengenakan pakaian tradisional Sorjan.


Pasukan Bregada dan Jemparingan Parikesit turur ambil bagian dalam upacara bendera, Jumat pagi. Foto: Ist

Dalam amanatnya, Kahono mengajak masyarakat untuk mengenang jasa para pahlawan. Ia juga mengajak seluruh komponen masyarakat bergandengan tangan bekerja bersama dan turut mendukung perjuangan wakil bangsa di ajang multievent olahraga terbesar se-Asian, Asian Games.

Dukungan masyarakat luas akan memberikan support moril bagi atlet yang tergabung dalam kontingen Indonesia untuk merealisasikan target tembus posisi 10 besar Asia. Ia juga mengajak masyarakat untuk terus bekerja dan bekerja demi kemajuan bangsa.

Sementara Lurah Desa Ngestiharjo, Oni Oktaviani, mengapresiasi Padukuhan Cungkuk yang telah menggelar upcara bendera. Menurutnya, upacara di Halaman Masjid Al-Hikmah menjadi tanda kekompakan dan persatuan warga Cungkuk.

“Dengan persatuan, kekompakan dan kebersamaan warga kita kerja, kerja, dan kerja in SyaAllah ke depan akan lebih baik lagi. Saya ucapkan terima kasih, salur untuk Padukuhan Cungkuk,” katanya.

Turut ambil bagian dalam upacara pasukan bregodo yang dipimpin Daryadi, juga pasukan Jemparingan Parikesit yang dipimpin H Bambang. KMP2

   

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Upacara Bendera Dusun Cungkuk: Irup Dikawal bak Presiden, Petugas Upacara Kenakan Sorjan"

Posting Komentar