BLH DIY Siap Bangun 5 Telagadesa Baru Tahun Ini


Kabarmerahputih.net  – Badan Lingkungan Hidup (BLH) DIY bakal melanjutkan proyek pembangunan telagadesa di sejumlah wilayah. Tahun 2018 ini, BLH DIY berencana menggarap 7 telagadesa. Dua di antaranya pengembangan dan 5 lainnya telagadesa baru.

Pengembangan telagadesa dilakukan di dua lokasi yakni telagadesa Potorono dan telagadesa Panggungharjo. Sedangkan lima telagadesa baru yang akan dibangun tahun ini berlokasi di Baturetno, Sidomoyo, Dlingo, Caturharjo, dan Sukoharjo.

Dari tujuh proyek ini, baru satu yang siap dikerjakan yakni telagadesa Baturetno. Empat telagadesa baru lainnya masih menunggu izin dari Gubernur DIY. Sedangkan dua proyek pengembangan baru memasuki tahap persiapan lelang.

“Baru Baturetno yang sudah clear siap dibangun dengan anggaran Rp 1,6 miliar. Empat masih menunggu izin, sudah ada di tata ruang. Kemudian yang dua pengembangan sedang persiapan lelang,” ucap Sekretaris BLH DIY, Maladi SH MM seperti dilansir wartakonstruksi.com.

Menurut Maladi, proyek telagadesa di Sidomoyo, Dlingo, Caturharjo, dan Sukoharjo telah memiliki pemenang lelang. Hanya saja proses pekerjaan fisik masih menunggu izin dari Gubernur sesuai Pergub 34 Tahun 2017 karena pembangunan telagadesa akan memanfaatkan tanah kas desa.

“Inti dari Pergub itu menyebutkan bahwa kalau ingin memanfaatkan TKD untuk kepentingan lain maka harus izin gubernur. Kalau izinnya tidak keluar ya otomatis kita batalkan. Itu sudah kita cantumkan dalam lelang kemarin,” katanya.

Program telagadesa yang digarap BLH DIY telah dimulai sejak 2016 silam. Pada awalnya, program menggarap 2 telagadesa di Desa Selomartani dan Ngestiharjo. Kemudian di tahun berikutnya, pada 2017, program berlanjut dengan melakukan pengembangan terhadap 2 telagadesa yang digarap sebelumnya.

Di tahun yang sama, BLH juga membangun 2 telagadesa baru di Potorono dan Panggungharjo, kemudian direncanakan dengan pengembangan 2 telagadesa dan pembangunan 5 telagadesa baru di 2018. (*)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BLH DIY Siap Bangun 5 Telagadesa Baru Tahun Ini"

Posting Komentar