GL Zoo Harus Lindungi dan Lestarikan Satwa



Dirut GL Zoo KMT A. Tirtodiprojo serahkan SK pengangkatan kepada dua pejabat baru. Foto: Ist

Kabarmerahputih.net - Bagi Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta penghargaan yang baru saja diterima sebagai Lembaga Konservasi (LK) Berprestasi 2018 dianggapnya sebagai beban karena penghargaan merupakan tanggung jawab yang harus dijaga.

“Ini tantangan berat bagi kita. Tantangan itu akan kita jadikan cambuk untuk melindungi dan melestarikan satwa,” kata Direktur Utama GL Zoo, KMT A.Tirtodiprojo saat penyerahan SK pengangkatan kepada dua pejabat baru GL Zoo di Mayang Tirta kompleks kebun binatang setempat, Sabtu (1/9/2018).

Kebun binatang kebanggaan masyarakat Yogyakarta ini bertepatan dengan Peringatan Hari Konservasi Alam nasional (HKAN) 2018 lalu di Taman Wisata Alam Batu Putih, Bitung, Sulawesi Utara dianugerahi penghargaan sebagai LK Berprestasi 2018 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Penyerahan penghargaan dilakukan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya bersama Menko Perekonomian Darmin Nasution.

Pria yang akrab disapa Joko Tirtono mengungkapkan, dengan apresiasi yang diterimanya itu Departemen Konservasi GL Zoo dituntut terus mampu melindungi dan melestarikan satwa dari kepunahan. 

“Anda harus bisa melestarikan dan menjaga satwa sebaik-baiknya,” ingatnya di hadapan para pejabat struktural kebun binatang setempat. Ia mengandaikan pelestarian satwa seperti lirik lagu “Selamat Ulang Tahun”, yakni merawat satwa supaya sehat selalu, sejahtera, dan panjang umurnya. Karena itu, khususnya  Departeman Konservasi setempat harus punya kemampuan melindungi hewan dari kepunahan.

Untuk penanganan satwa secara profesional, maka perawat satwa dan pejabatnya perlu terus belajar. “Kita harus kerja, belajar, kerja, belajar. Kalau tidak mau belajar maka (otak) akan kempel (beku),” ingatnya.

Untuk upaya itu semua dan lebih memajukan GL Zoo, maka pada Senin, 3 September ini kebun binatang tersebut memberangkatkan empat pejabatnya untuk studi banding di Singapura Zoo hingga 7 September nanti. (*)




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "GL Zoo Harus Lindungi dan Lestarikan Satwa"

Posting Komentar