GBS Minta Pembangunan Bandara Segera Dilanjutkan


Kabarmerahputih.net - Pembangunan bandara baru New Yogyakarta International Airport (NYIA) secara langsung akan menimbulkan multiplier effect baik bagi masyarakat, lingkungan maupun daerah secara keseluruhan. Karenanya, megaproyek strategis nasional ini harus disambut dengan persiapan matang.

Percepatan pelaksanaan megaproyek bandara yang direncankan mulai beroperasi tahun depan, juga diperlukan. Hanya saja, saat ini belum terlihat adanya percepatan seperti yang diharapkan, setidaknya belum terlihat adanya lanjutan progres pembangunan bandara yang digarap PT PP KSO.

Demikian diungkap ketua Gerbang Bintang Selatan (GBS), Gendut Minarto. Menurut dia, belum terlihat ada perkembangan pada proyek bandara. Karenanya GBS terus mendorong agar dipercepat pembangunannya. 

"Seharusnya tanggal 5 Agustus sudah dimulai, tapi belum terlihat ada pembangunan. Masih pemadatan tanah. Saat ini kami terus mendorong agar dipercepat,” kata Gendut seperti dilansir wartakonstruksi.com.

Gendut mengaku khawatir apabila menunggu sampai musim hujan tiba, maka pemadatan tanahnya tidak maksimal. Sebaliknya apabila dipercepat, maka penyelesaian pembangunan pun akan sesuai jadwal.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kulonprogo, Gusdi Hartono, meminta semua yang terkait untuk menyesuaikan fungsi dan tugasnya. Gusdi menyebut pihaknya juga serius membantu menyukseskan pembangunan bandara NYIA yang diharapkan sudah bisa beroperasi pada 2019.

Setelah bandara resmi beroperasi, ungkap Gusdi, akan banyak kebutuhan yang diperlukan untuk mendukung bandara serta memetakan apa saja efek yang timbul terkait hadirnya bandara NYIA. Efek itu bisa positif dan negatif.

"Efek negatif misalnya, karena ada bandara maka terjadi pengurangan lahan pertanian. Kan kami harus cetak sawah baru. Karena timbulnya bandara kan tanah yang biasanya meresap, ini membuat gampang banjir. Berarti kami harus menyiapkan penanggulangan dan antisipasi banjirnya. Kalau ada bandara kan butuh rumah atau perumahan dan sebagainya," kata Gusdi.

Hadirnya bandara baru secara otomatis menimbulkan banyak perubahan. Di antaranya, akan banyak mobilitas yang masuk di kawasan bandara sehingga akses jalan semakin padat. Pihaknya memikirkan hal itu, dan berharap agar semua stakeholder yang yang terlibat menyiapkan diri dan mendukung sepenuhnya pembangunan tersebut.

Disinggung terkait peran Pemkab, Gusdi menyebut, berada di tengah. "Pemda itu punya masyarakat, juga punya pemerintah. Bisa menghubungkan antara pihak Angkasa Pura 1 dengan masyarakat, semuanya harus sinergi. Kata itu memang gampang diucapkan, tapi pelaksanaannya terkadang butuh waktu. Padahal kita dikejar oleh waktu. Rapat kita aja harus dideadline," paparnya.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "GBS Minta Pembangunan Bandara Segera Dilanjutkan"

Posting Komentar