Pdt David: Wisata Bisa Percepat Pemulihan Gangguan Jiwa


Kabarmerahputih.net - Rombongan penderita gangguan kejiwaan  dari Rumah Pemulihan Efata Jl. Raya Salatiga-Kopeng, Jawa Tengah mengunjungi Gembira Loka Zoo (GL Zoo), Senin (24/9/2018). Kedatangan mereka ke kebun binatang di Yogyakarta itu disertai para  pekerja sosial dan keluarganya serta staf dari rumah pemulihan kejiwaan tersebut.

Ketua Pelaksana Harian Rumah Pemulihan Efata, Pdt David Hadi Wibisono menjelaskan,  wisata seperti  ini sudah menjadi program tahunan di pantinya.

“Sebelumnya,  kami pernah  ke pantai. Kali ini ke GL Zoo supaya dapat kesegaran baru, tidak tertekan setelah melihat pemandangan dan satwa di kebun binatang sini,” kata Pdt David di sela mendampingi rombongan kliennya di GL Zoo.

Ia meyakini, lewat wisata seperti ini gangguan kejiwaan yang dialami pasien atau kliennya akan berkurang. “Jadi, wisata ini untuk mempercepat pemulihan mereka,” harapnya.

Menurutnya ada 85 pasien gangguan kejiwaan yang diajak berwisata ke kebun binatang tersebut. Mereka dari usia 16 hingga 70 tahun.  Gangguan kejiwaan yang dialami dari tingkat stres, depresi, bahkan sampai pada schizophrenia. “Jadi, tingkat gangguan jiwa mereka dari sedang sampai berat,” sebut psikolog Shirley Angelina Kusuma.

Pdt David menjelaskan, perilaku yang dialami kliennya biasanya merasakan halusinasi, seperti ada yang mengajak bicara. “Mereka seperti mendengar suara-suara, sehingga sulit untuk konsentrasi,” tuturnya.

Selain itu, para penderita gangguan kejiwaan ini juga cenderung curiga pada orang lain. “Mereka takut dijahati, kurang percaya diri. Karena itu,  kami latih bahwa tidak semua orang itu jahat. Ada yang berperhatian pada mereka,”  jelas  Pdt David. (*)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pdt David: Wisata Bisa Percepat Pemulihan Gangguan Jiwa"

Posting Komentar