Prajurit Kodim Yogya Jalani Tes Urine


Kodim 0734/Yogyakarta mendadak menggelar tes urine pada anggotanya guna memastikan tidak ada yang terlibat penyalahgunaan narkoba. Foto: Ist

Kabarmerahputih.net – Guna mencegah terjadinya pelanggaran, Kodim 0734/Yogyakarta menggelar tes urine secara mendadak dengan sasaran para personel kodim setempat. Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Jogja digandeng untuk memeriksa urine personel Kodim Yogya.

“Tes urine ini untuk antisipasi mencegah sekaligus menangkal narkoba ke anggota,” tutur Pasi Intel Kodim 0734/Yogyakarta Lettu Inf Rahmad disela tes urine di Makodim setempat, Senin (3/9/2018).

Sejauh ini, ungkap Lettu Inf Rahmad di Kodim Yogys memang belum pernah ada anggota yang ditemukan terindikasi menggunakan narkoba. Meski begitu bukan berarti tes narkoba dengan sasaran personel tidak rutin digelar. “Ini sebagai tindakan pengamanan atau jaga-jaga,” imbuhnya.

Terkait pelaksanaan tes urine, Pasi Intel menjelaskan memang sengaja  tanpa memberi tahu terlebih dulu pada anggota.

“Untuk pengambilan sample urine ini nantinya akan dilaksanakan setiap bulan dan kalau bisa setiap minggu, agar para anggota yang belum pernah merasakan narkoba jangan mencoba-coba untuk melakukannya,” tegas dia.

Ke depan, lanjut Rahmad, Kodim Yogya akan terus menggandeng BNN secara kontinyu untuk memberikan pengarahan atau pemahaman tentang bahaya narkoba kepada personel TNI dan PNS di wilayah Kodim Yogya.

Sementara itu Dandim 0734/Yka Letkol Inf Bram Pramudia berharap, dengan dilaksanakan kegiatan tes urine ini depan pihaknya dapat mengantisipasi, menghentikan dan menjauhi barang haram tersebut. Tes urine kali ini mengacu pada enam parameter, yaitu zat amfetamin, ganja, morfin, benzodiazepin, metamfetamin atau sabu, dan kokain. (*)




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Prajurit Kodim Yogya Jalani Tes Urine"

Posting Komentar