Susul Kulonprogo, Gunungkidul – Sleman Segera Punya Taman Budaya


Kabarmerahputih.net - Dinas Kebudayaan DIY tengah memproses pembangunan Taman Budaya di Kabupaten Kulonprogo. Berikutnya, taman budaya serupa akan dibangun di Kabupaten Gunungkidul dan Sleman.

"Taman Budaya Kulonprogo (TBK) kita bangun dari Dana Keistimewaan (danais), diharapkan akhir tahun ini amphitheater-nya sudah selesai. Aset TBK milik provinsi. Kalau sudah jadi, kita hibahkan ke kabupaten," ucap Budi Wibowo, Plt Kepala Dinas Kebudayaan DIY, kemarin.

Proyek pembangunan TBK yang digarap PT Andaru Perdana menyedot Danais sebesar Rp 27 miliar. Proyek pekerjaan TBK sudah memasuki tahap akhir. Berikutnya telah dimulai pekerjaan tahap awal taman budaya di Gunungkidul juga dengan Danais Rp 11,4 miliar.

Taman Budaya Gunungkidul digarap PT Putera Jaya Andalan, kontraktor yang sama yang mengerjakan pembangunan museum Seniman di Imogiri. Pekerjaan tahap dua direncanakan digarap pada 2019 mendatang. “Setelah Gunungkidul juga akan dibangun di Sleman,” katanya.

Khusus Kabupaten Bantul, ujar Budi, belum ada perencanaan untuk membangun taman budaya karena lahannya belum ada. Apabila Pemerintah Kabupaten Bantul sudah menyiapkan lahan, maka taman budaya akan segera dibangun.

Budi menambahkan, sebenarnya, taman budaya sebenarnya penyebutan untuk taman budaya tingkat provinsi. Sehingga, ke depan bisa disebut gelanggang budaya atau yang lain. Akan tetapi, fungsinya sama yakni sebagai wahana menampilkan budaya masyarakat setempat.

Dengan ada perhelatan budaya di daerahnya masing-masing, masyarakat yang menonton bisa mendapatkan motivasi. "Tidak ada salahnya juga ada industri kreatif di setiap acara-acara budaya yang diselenggarakan di taman budaya, diadakan juga pelatihan atau workshop, serta ada stand-stand mendukung acara. Bisnis kuliner kan juga menguntungkan bisnis kecil," pungkas Budi.


Sumber: Wartakonstruksi.com 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Susul Kulonprogo, Gunungkidul – Sleman Segera Punya Taman Budaya"

Posting Komentar