Batik Hinggil Tampil Memukau di Jogja Fashion Week 2018


UPAYA mendorong pertumbuhan industri fashion di Yogyakarta tak pernah berhenti dilakukan Batik Hinggil. Salah satu langkah dilakukan dengan terlibat pada acara Jogja fashion Week 2018 yang dihelat di Main Atrium Hartono Mall pada Selasa (20/11/2018) hingga Jumat (23/11/2018) pekan lalu.

Batik Hinggil merupakan karya rancangan dari desainer muda Tagustine. Batik Hinggil merupakan luxurious heritage brand busana batik premium. Rancangannya dikenal selalu bernuansa mewah dengan gaya modern dan up to date ala millennials. 

Keistimewanya Batik Hinggil menurut Tagustine adalah selalu menciptakan motif batik secara ekslusif. Satu motif hanya ada pada 1-3 lembar kain saja, sehingga sangat limited dan pemakainya tidak akan memiliki kembaran.


Batik Hinggil konsisten mendorong pertumbuhan fashion Yogyakarta. Foto: Ist

“Batik Hinggil bekerjasama dengan para perajin batik di wilayah DIY sehingga terus bereksplorasi mengeluarkan rancangan motif terbaru,” terangnya.

Terkait Jogja Fashion Week, pada hari pertama Batik Hinggil menampilkan rancangan gaun batik pesta haute couture bertema “Sekar Kencana”.  Gaun tersebut menunjukkan kemewahan nuansa kerjaaan yang langsung terlihat dan terasa sangat melekat pada keseluruhan rancangan gaun-gaun ini.

Karya Batik Hinggil sebanyak 8 gaun pesta yang diperagakan, semuanya berhasil menyita perhatian penonton karena kemewahannya yang memukau.  Harmoni paduan warna yang atraktif dan modern, menjadikan kedelapan mahakarya gaun-gaun batik ini  terkesan bold, anggun dan megah.


Karya Batik Hinggil yang cukup elegan mampu memukau pengunjung Jogja Fashion Week 2018 di main atrium Hartono Mall. Foto: Ist

“Tema “Sekar Kencana” merupakan perwujudan dari kecantikan dan keanggunan para dewi-dewi dalam Kerajaan Mataram, yang digambarkan pada detail motif-motif aneka flora berwarna-warni yang sangat indah. Batik Hinggil menggunakan kain batik kombinasi tulis dan cap pada koleksi ini,” sambung Tagustine. 

Dijelaskannya pula, bahwa rancangan ini juga mengacu pada trend fashion forecasting terbaru yaitu “Svarga Couture Boho” (adi bohemia), yaitu mencampurkan elemen kultural mewah, kaya akan detail, dan mengusung kekayaan tradisional yang di buat dengan keahlian tinggi. 

Ketepatan pemilihan bahan, keragaman siluet, pengerjaan detail, dan jangkauan palet menyatu dengan harmonis mampu memperindah lekuk bentuk tubuh seluruh para model yang berlenggak-lenggok di catwalk Jogja Fashion Week 2018 malam itu. Seluruh penonton berdecak kagum dan tepesona dengan keindahan gaun batik pesta tersebut. (KMP2)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Batik Hinggil Tampil Memukau di Jogja Fashion Week 2018"

Posting Komentar