Keterlaluan, Jalan Desa Pleret Ini Dibiarkan Berlubang


Jalan desa ini dibiarkan rusak dan berlubang. Bukan hanya hitungan bulan tapi sudah tahunan kondisinya seperti ini. Foto: dok Warta Konstruksi

Kabarmerahputih.net – Selain faktor pengendara, kondisi jalan turut mempengaruhi keselamatan di jalan. Jalan yang berlubang sangat rawan menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Jika dibiarkan tanpa perbaikan justru bakal merugikan banyak orang.

Kondisi jalanan yang kurang baik ini terlihat salah satunya di jalan desa Pleret Bantul. Jalan Kanggotan II dan jalan Bedukan Kidul, sebagai jalan alternatif dari Balai Desa Pleret menuju Tugu Keputren, Pasar Pleret dan Polsek Pleret terlihat masih banyak yang bolong dan pinggir jalan juga tidak rata.

Penjaga toko makanan ternak di dekat Tugu Keputren, Yusmi (33) berharap jalan berlubang yang tidak jauh dari tempatnya bekerja itu segera diperbaiki. "Sebaiknya cepat diperbaiki jalannya. Soalnya lubang itu kalau dilewati kendaraan dan bannya masuk lubang itu, bisa menimbulkan kecelakaan," katanya.

Yusmi juga menerangkan, sebelumnya lubang di jalan itu cukup parah. Beruntung ada warga yang peduli sehingga di bagian atasnya diberi tanah bercampur batu krikil, sehingga lubangnya tidak terlalu parah lagi. Pemberian campuran tanah itu sekitar sebulan yang lalu dan lubang-lubang tersebut sudah bertahun-tahun ada di tempat itu namun tidak ada yang mengurus.

Jalan tersebut ramai karena merupakan jalan alternatif ke Polsek Pleret, Pasar Pleret, dan Kecamatan Pleret. Sehingga, jalan yang termasuk ukuran sempit itu rawan kecelakaan.

Senada diungkap Bambang (60). Pekerja di perusahaan penyamakan kulit yang terletak di Jalan Kanggotan II itu ingin agar lubang-lubang di jalan tersebut diperbaiki. "Pengennya sih ditambal, soalnya lalu lintas jadi kurang nyaman. Jalan bolong mengakibatkan rawan kecelakaan. Saya beberapa kali lihat ada kecelakaan di sini," terang Bambang. 

Camat Pleret M Alwi mengklaim sudah melakukan pengecekan kondisi jalan dan melaporkannya ke Pemkab Bantul. Namun tindak lanjutnya masih menunggu kabar. "Itu jalan desa, sudah saya laporkan. Masih nunggu (kabar selanjutnya)," ucap Alwi kepada Warta Konstruksi, kemarin.

Dia menerangkan, pembangunan jalan tersebut direncanakan masuk Bidang Perumahan dan Permukiman Dinas PUPK Bantul. Terkait itu, pemeliharaan jalan desa tersebut akan diupayakan perbaikan tahun depan.

Alwi pun berharap laporannya ditindaklanjuti dengan cepat dan baik. Hal itu agar tidak ada lagi lubang di jalan itu sehingga meminimalisir kecelakaan.


Sumber : Warta Konstruksi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keterlaluan, Jalan Desa Pleret Ini Dibiarkan Berlubang"

Posting Komentar