Danrem 072: TNI Siap Backup Polri Amankan Pileg Pilpres


Ratusan personel dari TNI-Polri terlibat dalam simulasi pengamanan Pemilu di Jl Ipta Tur Harsono Timoho, Minggu pagi. 

KABARMERAHPUTIH.NET – Komandan Korem 072 Pamungkas Brigjen M Zamroni menegaskan TNI siap membackup kepolisian dalam pengamanan pemilu baik legislatif maupun pilpres. Penegasan ini disampaikan usai simulasi pengamanan pemilu di depan rumah dinas Walikota Yogya, Minggu (10/2/2019) pagi.

“Kegiatan ini menunjukkan kesiapan TNI dalam membantu tugas yang dijalankan Polri dalam mengamankan pemilu. Kegiatan hari ini menunjukkan kekompakan dan soliditas TNI-Polri,” tegas Brigjen Zamroni.

Karena itu, Brigjen Zamroni berpesan kepada seluruh prajurit dan pesertayang terlibat dalam simulasi untuk tetap meningkatkan soliditas dan sinergitas antara TNI-Polri. Pimpinan, lanjut Danrem, meyakini bahwa soliditas dan sinergitas kedua lembaga itu menjadi kunci jaminan kondusivitas wilayah.

Tidak hanya itu, jenderal dengan bintang satu di pundaknya ini juga mengimbau segenap komponen masyarakat untuk memaknai hajatan pemilu dengan sukacita bukan dimaknai sesbagai sesuatu yang menakutkan.

Bagi tokoh masyarakat, Danrem berpesan agar turut menjaga kondusivitas di wilayahnya. “Jangan mengorbankan kepentingan negara hanya untuk kepentingan kelompok saja. Tokoh masyarakat harus ikut menjaga kondusivitas,” pinta Danrem.

Simulasi lapangan merupakan puncak latihan yang digelar Korem 072/Pamungkas setelah sebelumnya digelar apel di Lapangan Sapta Marga dilanjutkan dengan paparan dan simulasi dalam ruangan. Simulasi melibatkan ratusan personel baik TNI maupun Polri.

Dalam simulasi lapangan itu, personel keamanan dihadapkan pada aksi massa dari Partai Durian yang menolak hasil penghitngan suara. Protes disuarakan dengan aksi unjuk rasa yang melibatkan masa secara bergelombang.

Personel keamanan dari Polri pertama-tama mencoba bernegosiasi dengan massa namun gagal. Anggota dari Sabhara kemudian diterjunkan menghadapi massa, namun jumlah masa terus bertambah dan personel meminta dukungan dari Polresta Yogyakarta.

Sempat terjadi aksi dorong, massa kian tak terkendali. Tersonel dari TNI kemudian diterjunkan membackup pengamanan hingga berhasil mengendalikan massa. (KMP001)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Danrem 072: TNI Siap Backup Polri Amankan Pileg Pilpres"

Posting Komentar