Disbud Sleman Bakal Rehab Gedung SMPN 1 Sleman


KABARMERAHPUTIH.NET – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman berencana melakukan rehab bangunan cagar budaya SMP Negeri 1 Sleman di Jalan Bhayangkara 27 Medari, Desa Caturharjo, Sleman. Anggaran senilai Rp 1,8 miliar yang bersumber dari dana keistimewaan (Danais) sudah dipersiapkan.

Rahab bangunan SMPN 1 Sleman masih dalam tahap perencanaan. Lelang pekerjaan tidak dilakukan di Pemkab Sleman melainkan melalui Pemda DIY. Dalam perencanaannya pekerjaan proyek akan berlangsung selama 5 bulan.

“Sekarang baru proses revisi perencanaan yang  sudah disusun  beberapa waktu yang lalu. Pelaksanaan akan dilakukan selama 5 bulan,” terang Anas Mubakhir selaku Kepala Seksi Sejarah Nilai dan Tradisi Budaya Dinas Kebudayaan Sleman, belum lama ini.

Sedangkan proses lelang, ungkap Anas, akan dilakukan di Pemda DIY, sebab sistem anggaran di Sleman dengan danais saat ini sudah tidak terkoneksi. ”Karena di Sleman kan sekarang sudah menggunakan sistem tersendiri salah satunya SiKAP sehingga yang berkaitan proses lelang  dan pengadaan proyek bersumber Danais ada di DIY, anggaran di luar APBD sudah tidak masuk sistem,” ungkap dia.

Sesuai perencanaan rehab bangunan konstruksi cagar budaya tersebut didominasi pekerjaan dan penggantian material pada bagian genting dan kayu atap di bagian ruang perkantoran bukan ruang kela. Jumlah ruang ada 4 unit, proses pengerjaan dilakukan secara bergantian.

”Jadi tidak seluruhnya kita rehab, hanya pada kayu atap dan genting sesuai desain awal yakni menggunakan genting kripik. Bagian dinding dan kusen tidak kita ganti karena kondisi masih bagus. Proses pengerjaanya kita konsultasikan dengan pihak sekolah menyesuaikan proses belajar mengajar,” kata dia.

Pada bagian lain danais akan dialokasikan Disbud Sleman untuk melanjutkan pembangunan cagar budaya Pendopo Kapanewon di area Kantor Kecamatan Tempel. ”Pendopo Kapanewon akan dibuat gerbang, selain ada pembangunan landscape pada gedung Pegadaian di Tempel agar dapat dioptimalkan pemanfaatanya,” tambahnya. (wartakonstruksi.com)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Disbud Sleman Bakal Rehab Gedung SMPN 1 Sleman"

Posting Komentar