Tak Ada Talud, Pemasangan Paving Blok jadi Sasaran TMMD Kodim Kota


Penyerahan berita acara pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap I Kodim 0734/Yogyakarta pada upacara pembukaan di lapangan Karang, Kotagede.

KABARMERAHPUTIH.NET – Program TMMD Sengkuyung Tahap I 2019 Kodim 0734/Yogyakarta kembali bergulir. Tapi ada sedikit yang berbeda pada kegiatan yang  dilaksanakan 30 hari (26/2-27/3) di Kelurahan Purbayan, Kotagede. Karena tidak ada pembuatan talud seperti biasanya. Sebagai ganti dilakukan pemasangan paving blok ratusan meter.

Panjang areal yang sipasangi paving mencapai 185,75 meter dengan lebar 3 meter. Selain paving blok, sasaran fisik lain yang akan digarap berupa rehab rumah tidak layak huni sebanyak 5 unit, rehab Balai RW 1 unit, pembuatan MCK 1 unit.

Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi dalam amanatnya saat menjadi inspektur upacara pembukaan di Lapangan Karang, Selasa (26/2/2019) pagi mengungkapkan, sejak bergulir sampai sekarang ini program TMMD telah banyak membantu pemerintah. Pada program kali ini, sasaran 
kembali difokuskan pada perbaikan infrastruktur.

“TMMD ini dalam rangka untuk bersama-sama seluruh elemen baik TNI Polri, masyarakat, ormas menyatukan diri dalam kegiatan untuk memperbaiki lingkungan. Karena tujuannnya salah satunya memang perbaikan infrastruktur,” kata Heroe.


Letkol Inf Wiyata S Aji SE menegaskan, selain sasaran fisik, TMMD Sengkuyung juga menyasar sasaran nonfisik salah satunya menggugah awareness masyarakat soal KDRT.

Perbaikan infrastruktur itu, kata Heroe, diperlukan untuk mengurangi kawasan kumuh yang sejak lama menjadi program Pemerintah Kota. Selain itu, perbaikan infrastruktur di Kotagede juga dilakukan untuk mendukung akses wisata karena daerah ini menjdi salah satu destinasi wisata.

“Sehingga wisatawan yang berkung ke kawasan Kotagede semakin nyaman karena infrastrukturnya memadai. Selain itu juga ada kegiatan untuk mengurangi Pekat hingga penanggulangan terorisme,” tegas Heroe.

Dandim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Wiyata Sempana Aji SE MDS mengatakan, program TMMD sudah dipersiapkan sejak lama sehingga meski ia baru menjabat sebagai Dandim 0734 program tetap bisa berjalan baik. “Semua sudah terencana dan berjalan baik,” katanya.

Terkait sasaran, pengganti Letkol Inf Bram Pramudia SE ini menjelaskan, sasaran TMMD Sengkuyung tidak hanya sasaran fisik, melainkan juga nanfisik. Sasaran nonfisik salah satunya sosialisasi tentang KDRT sebagai upaya untuk menggugah awareness masyarakat terhadap KDRT.

“Juga pencegahan paham-paham radikal yang mengancam kemajemukan masytarakat kita. Ada juga sosialisasi bela negara untuk terus menumbuhkan kecintaan terhadap NKRI,” terangnya.

Anggaran TMMD Sengkuyung Tahap I sebesar Rp 384.825 juta dengan rincin dari APBD DIY Rp 75 juta dan sisanya dari APBD Kota Yogyakarta. Setiap hari tak kurang dari 100 personel baik dari Kodim 0734/Yogyakarta, Lanal Yogyakarta, Polresta Yogyakarta. Di akhir pekan personel dibantu dari masyarakat dan Resimen Mahasiswa Mahakarta. KMP001



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tak Ada Talud, Pemasangan Paving Blok jadi Sasaran TMMD Kodim Kota"

Posting Komentar